Blogger Widgets
investama

Kandungan, Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi

Kesehatan # Banyak orang yang percaya bahwa daun yang satu ini ampuh untuk menghilangkan bau mulut maupun bau badan jika di konsumsi secara teratur rutin. Daun yang umum di jadikan lalapan ini memang sangat digemari oleh banyak orang, khusunya saya sendiri. Rasa yang agak seperti pedas yang dihasilkan oleh daun kemangi, mampu membangkitkan selera makan siapapun yang memakannya, apalagi jika
di dampingi dengan ayam bakar dan sambal trasi atau sambal lainnya. Hehehe... jadi pengen makan. :D. Namun bukan berarti semua orang suka loh dengan daun kemangi, ada sebagian orang yang tidak suka dengan rasa daun kemangi  yang agak getir. Padahal jika kita lihat, lalapan daun kemangi mungkin yang paling sehat ketimbang lalapan yang lain. Karena ada juga yang suka lalapan dengan jengkol maupun pete. 

Walaupun sebenarnya jengkol dan pete juga memiliki manfaat, tapi berbeda dengan jengkol dan pete, daun kemangi selain menyehatkan juga memberikan efek aroma sedap pada mulut karena memang daun kemangi beraroma wangi tidak seperti halnya dengan jengkol dan pete, yang terkadang bisa membuat kita dijauhi oleh orang lain karena bau mulut kita yang beraroma jengkol dan pete. Bagi anda penggemar daun kemangi, ada kabar baik loh.. ternyata daun kemangi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita. Mau tau ? sebelumnya kita simak dulu mengenai kandungan di dalam daun kemangi.

Kandungan Daun Kemangi

Kemangi sebenarnya merupakan hibrida yang digolongkan antar jenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth. Wewangian khas daun kemangi ini bersumber dari senyawa sitrat yang ada terutama pada bagian bunga dan daunnya. Tak hanya atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting antara lain: senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan masih banyak lagi lainnya.

Menurut ”Daftar Komposisi Bahan Makanan” Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi terkandung 5.000 SI vitamin A. Kelebihan lainnya, kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.


Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi


  1. Melawan Radikal Bebas
    Khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur. 

  2. Membantu Pertumbuhan Tulang
    Khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang. 

  3. Melancarkan Aliran Darah
    Khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar. 

  4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan. 

  5. Mencegah Kemandulan
    Khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini. 

  6. Mengobati Panu
    Caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari. 

  7. Mengobati Sariawan
    Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telan daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari. 

  8. Menghilangkan Mual dan Flu
    Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang. 

  9. Menghilangkan Bau Mulut
    Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

  10. Meredakan Perut Kembung
    Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung. 

    Demikian info mengenai kandungan, manfaat dan khasiat daun kemangi, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Perhatian!

1. Silahkan masukkan KOMENTAR ANDA di kolom komentar.
2. Berkomentarlah dengan sopan, santun dan bijak, serta tidak spam.
3. Terima kasih atas KOMENTAR dan KUNJUNGAN anda.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Blog Bacaan Saya

Pilih Bahasa