Blogger Widgets
investama

Daun Digitalis Obat Herbal Jantung Lemah

Digitalis purpurea2.jpgDigitalis merupakan tanaman liar yang dikenal memiliki bentuk dan warna yang indah, sehingga banyak juga ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman hias. Bentuk bunga digitalis umumnya menyerupai terompet. warna bunga terdiri dari beberapa jenis, dan menjadi dasar pengelompokan digitalis, antara lain: Digitalis grandiflora, Digitalis ciliate, digitalis lutea, digitalis sp ,dan digitalis purpurea.

Dalam dunia pengobatan, digitalis dikenal cukup ampuh dalam mengatasi penyakit atau gangguan pada jantung, seperti jantung lemah dan denyut jantung tidak teratur. Bagian tanaman yang digunakan yaitu daun yang dikeringkan (pengambilan daun dilakukan sebelum tumbuh bunga).

Pemanfaatan daun digitalis sebagai obat jantung lemah, diperkenalkan pertama kali oleh Dr. William Withering sekitar tahun 1785. Dimana salah satu pasiennya yang mengalami gagal jantung semakin membaik kesehatannya setelah mengkonsumsi daun digitalis.

Kandungan kimia daun digitalis
Kemampuan daun digitalis dalam mengobati penyakit jantung lemah, tidak terlepas dari kandungan kimia didalamnya. Zat dan senyawa yang terdapat pada daun digitalis antara lain: glikosida jantung (digoxin, digitoxin, gitaloxin, gitoxin, dan lanatoside), flavonoid, saponin, dan anthraquinone.

Manfaat daun digitalis sebagai obat lemah jantung

Daun digitalis menghasilkan rasa pahit, berkhasiat sebagai peluruh kencing dan memperkuat kontraksi jantung. Ekstrak dari daun digitalis mampu menghambat fungsi dari enzim natrium-kalium ATPase sehingga dapat meningkatkan kalsium dalam sel-sel otot jantung. Peningkatan kadar kalsium dalam sel-sel otot jantung dapat memperkuat kontraksi jantung.

Dua senyawa glukosida yang paling berperan sebagai obat penyakit jantung yaitu digitoxin dan digoxin. Digitoxin berperan dalam memperkuat denyut jantung. Digoxin dapat merangsang jantung anda berdetak lebih kuat, lambat dan teratur tanpa memerlukan oksigen berlebih. Digoxin juga dapat meningkatkan produksi urine sehingga dapat membantu menurunkan volume darah. Normalnya volume darah menjadikan kerja jantung menjadi ringan dalam memompa darah.

Pengolahan daun digitalis sebagai obat herbal lemah jantung

Pengolahan dan pemanfaatan daun digitalis sebagai obat herbal jantung lemah, harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh para spesialis herbal. Hal ini dikarenakan seluruh tanaman mengandung racun yang cukup tinggi. Kelebihan dosis akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh, seperti mual, muntah, menurunkan nafsu makan, gangguan pada penglihatan, denyut nadi lambat, dan pingsan. Berikut resep herbal yang bisa anda buat untuk mengatasi penyakit lemah jantung.

Siapkan 50 gram daun digitalis segar, cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sekitar 15 menit. Angkat dan dinginkan. Saring air rebusan lalu bagi menjadi dua bagian. Minum pagi dan sore @ ½ gelas.

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Perhatian!

1. Silahkan masukkan KOMENTAR ANDA di kolom komentar.
2. Berkomentarlah dengan sopan, santun dan bijak, serta tidak spam.
3. Terima kasih atas KOMENTAR dan KUNJUNGAN anda.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Blog Bacaan Saya

Pilih Bahasa