Blogger Widgets
investama

Manfaat Buah Kurma Sebagai Makanan dan Obat Penyakit

Kurma sebagai Makanan dan Obat PenyakitKurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit. Kurma (Phoenix dactylifera L.) merupakan salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan manusia. Telah digunakan sebagai makanan untuk 6000 tahun (Amer, 1994). Ini dapat digunakan untuk generasi yang akan datang karena nilai gizi, kesehatan dan ekonomi yang luar biasa di samping manfaat estetika dan lingkungan. Setiap bagian dari kurma berguna. Kurma menawarkan prospek yang berguna untuk memerangi kelaparan dan penyakit. Pentingnya kurma dalam gizi manusia berasal dari komposisi yang kaya karbohidrat, garam dan mineral, serat makanan, vitamin, asam lemak, asam amino dan protein.

Kurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit, dari kurma pohon bisa 15 / 25 m dan 20 / 40 cm dalam radius cross-sectional. Batang terbuat dari serat selulosa yang kuat dan dapat digunakan dalam pembuatan kayu lapis. Ada lebih dari 100 juta pohon kurma di dunia. Hasil dari kurma tergantung pada banyak kondisi. Beberapa jenis kurma dapat memberikan 400 / 600 kg tanaman segar per tahun (100 / 150 kg tanaman kering) sampai 60 tahun.
Kurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit, Ada lebih dari 2000 varietas yang berbeda dari kurma segar (Amer, 1994). Banyak varietas segar tersedia sepanjang 8 bulan dalam setahun. Kurma kering yang dikemas akan tetap baik tanpa penambahan pengawet selama minimal 8 bulan, kadar gula tinggi bertindak sebagai pengawet yang efektif.


Tahapan dalam kematangan buah kurma.
Kurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit, Perkembangan buahnya diklasifikasikan menjadi empat tahap menggunakan istilah-istilah Arab (Fayadh & Al-Showiman, 1990). Sebelum Tahap 1 dan dalam 4-5 minggu pertama, kurma ini disebut ‘altalaa‘, di mana kurma menjadi hijau.
Tahap 1: tahap ‘Kimri’
Pada tahap Kimri kurma mengalami 2 fase, fase pertama dengan beberapa ciri-ciri  berikut:
. peningkatan pesat dalam ukuran dan berat;
. meningkatkan tingkat akumulasi gula;
. keasaman tinggi, dan
. kadar air yang tinggi.

Dan fase kedua memiliki ciri :
. berat terus bertambah tapi tingkat peningkatan ukuran dan berat berkurang;
. berkurangnya tingkat akumulasi gula;
. sedikit berkurang keasaman, dan
. kadar air lebih tinggi dari pada fase pertama.

Pada tahap Kimri, panjang buah rata-rata adalah 27,5 mm dan diameter 17,8 mm adalah (Tabel 1). Berat rata-rata lima varietas kurma adalah 5,8 g. Kurma dalam tahap ini berisi rata-rata 5,6% protein, 0,5% lemak dan 3,7% abu (Al-Hooti et al, 1995.)

Tahap 2: Tahap ‘khalal’
Kurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit
Warna kurma pada tahap ini, dari hijau hingga  kuning dan merah tergantung pada kultivar (3/5 minggu). Tingkat perubahan dari empat fitur yang terlihat pada fase dua dari tahap Kimri terus menurun.
Dalam tahap ini, rata-rata panjang buah meningkat menjadi 32,5 mm dan meningkatkan diameter sampai 21 mm (Tabel 1). Persentase protein, lemak dan abu turun menjadi 2,7%, 0,3% dan 2,8%, masing-masing. Berat rata-rata meningkat buah menjadi 8,7%. (Al-Hooti et al., 1995).

Tahap 3: stage ‘Rutab’
Kurma mulai melunak dan kehilangan air (2/4 minggu). Protein, lemak dan abu persentase dalam tahap ini menjadi 2,6%, 0,3% dan 2,6%.

Tahap 4: tahap ‘Tamr’ date kini telah dikeringkan untuk konsistensi cukup kuat dengan warna yang lebih gelap tetapi ada jenis kurma yang tidak berkembang ke tahap ini. Tabel 2 menunjukkan persentase rata-rata protein, lemak dan abu dari 18 kultivar dalam tahap Tamr secara berurutan  2,3%, 0,2% dan 1,7%.
Kurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit

Kurma sebagai Makanan dan Obat Penyakit, Buah ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang penting dan bermanfaat untuk tubuh. Kurma yang matang mempunyai kandungan gula sebesar 80% dan sisanya terdiri dari lemak, protein dan produk mineral yang lainnya, seperti besi, tembaga, asam folat dan magnesium. Kurma juga banyak mengandung serat dan juga sebagai sumber kalium. Buah kurma lima butir seberat sekitar 45 gram mengandung kalori sebesar 115 dan hampir semua kalori itu berasal dari karbohidrat.

Manfaat buah kurma untuk kesehatan kita, antara lain adalah:
  • Menguatkan fungsi lambung
  • Menguatkan fungsi hati
  • Mengobati diare
  • Memperlancar buang air kecil
  • Mengencangkan otot-otot yang kendor
  • Menguatkan rahim sehingga dapat membantu mempermudah dalam proses persalinan
  • Mencegah penglihatan yang kabur
  • Meningkatkan tekanan darah yang mengalami penurunan dengn cara merendam buah kurma ke dalam susu murni yang kemudian ditambahkan dengan sedikit cengkeh.
  • Menambah energi sehingga dapat menghilangkan rasa letih setelah melakukan banyak aktifitas
  • Mengandung vitamin A yang kaya dengan antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan mata, menjaga agar kulit tetap sehat dan melindungi kita dari kanker paru-paru serta rongga mulut.
  • Memberikan perlindungan terhadap terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner karena dalam buah kurma ini ada kandungan kalium yang merupakan bagian penting dari cairan tubuh dan sel sehingga mampu untuk mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung.
Buah kurma yang lezat ini selain bermanfaat untuk kesehatan juga bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat buah kurma untuk kecantikan,  antara lain adalah:

Mengatasi Kulit Yang Sensitif


Buah kurma mengandung vitamin B6 dan juga protein yang dapat mencegah terjadinya infeksi kulit serta dapat membuat kulit menjadi lebih segar. Untuk mendapatkan hasil tersebut, buah dapat dimanfaatkan menjadi masker yang dioleskan pada wajah yang sensitif atau pada kulit yang sedang mengalami iritasi. Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan kurma yang sudah dihaluskan dengan yogurt dingin. Setelah itu gunakan sebagai masker dan bilas sampai bersih.


Dijadikan Body Scrub
Buah kurma ini dapat menjadi body scrub yang dapat melembutkan, membersihkan serta menjaga kekenyalan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan buah ini dengan jus aprikot dan crabberries yang kemudian dihancurkan dan ditambah dengan oatmeal sebanyak setengah sendok teh. Setelah semua tercampur maka dapat segera digunakan sebagai scrub waktu mandi.
Selain buah kurma, masih banyak buah-buahan lain yang memiliki khasiat penting bagi tubuh kita, seperti manfaat buah mangga, buah naga. 

Demikianlah informasi mengenai manfaat buah kurma, semoga ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatian!

1. Silahkan masukkan KOMENTAR ANDA di kolom komentar.
2. Berkomentarlah dengan sopan, santun dan bijak, serta tidak spam.
3. Terima kasih atas KOMENTAR dan KUNJUNGAN anda.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Daftar Blog Bacaan Saya

Pilih Bahasa